Kram Setelah Berhubungan Intim, Normalkah?

Sebuah pertanyaan datang dari Sahabat Woman beberapa waktu lalu. "Apakah normal jika setelah berhubungan intim di bagian perut terasa kram?" Berikut jawaban yang kami bahas untuk Anda.
Pertanyaan seputar hubungan intim memang seringkali disimpan sendiri dan enggan untuk dibagikan karena merasa canggung dan malu. Apalagi, bagi Anda yang masih berstatus pengantin baru. Namun, kram pada bagian perut setelah melakukan hubungan intim, tak hanya dirasakan oleh pengantin baru lho.

Penasaran dengan kram tersebut, seorang Sahabat Woman mengirimkan pertanyaan beberapa waktu lalu. Sebenarnya normalkah kram tersebut?

Lisa Stern, RN, MSN, adalah seorang praktisi dari Los Angeles. Ia banyak membagikan saran pada pasangan muda tentang hubungan intim. Menurutnya kram ringan setelah berhubungan intim adalah hal yang normal. Dengan catatan, tidak ada pendarahan dan bukan kram hebat, atau kram yang menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran. "Ya, kram ringan pada perut yang dirasakan setelah berhubungan intim adalah hal yang normal. Saat berhubungan, penis masuk ke dalam dasar uterus dan di sana otot-otot kewanitaan akan bergerak seiring dengan aktivitas seks yang dilakukan. Otot-otot akan mengalami tegang dan regang, inilah yang menyebabkan terjadinya kram ringan pada perut."

Efek kram ringan pada umumnya tak hanya dirasakan di perut, jika Anda ingat kembali terkadang juga muncul rasa kurang nyaman saat buang air kecil pada miss Cheerful.

"Untuk mengurangi kram ringan setelah melakukan hubungan intim, disarankan Anda buang air kecil terlebih dahulu," sambung Lisa. Dan melakukan foreplay sebelum masuk pada 'menu utama' juga sangat penting untuk dilakukan. Normalnya sebuah foreplay dilakukan 10-15 menit, hingga Miss Cheerful dan Mr. Happy terlumasi dengan baik. (wo/bee)

0 komentar:

Posting Komentar